About

Jumat, 14 Desember 2012

Bunda & Tanaman

Dulu boro2 mau bongkar pot megang tanah aja geli takut ada cacingnya, tapi sekarang ngga lagi sejak punya halaman yang udah bisa ditanami macem2 tumbuhan dan sukses bikin rumput di depan rumah hijau terhampar meski nanemnya pas bulan kemarau jadi makin semangat lagi nguprek taneman.

ini hasil pertama, nanem rumput gajah mini di depan kamar yang awalnya dipasang paving block tapi karena pengen suasana baru jadi memberanikan diri bongkar paving block dan kemudian tanah diratakan lagi, ditimpa sama tanah lembang baru deh ditanami rumput.. proses perataannya emang harus disiplin nyiramnya, minggu2 pertama disiram sehari 2 kali pagi sore, setelah rumput kelijatan hijau dan kuat akarnya baru 1 kali sehari.

Sekarang hamparan rumput ini bener2 multifungsi, selain buat background foto2 bisa jadi area bermain dan belajarnya adam juga, kadang adam loncat2, tiduran, gelar mainan, pasang tenda, kadang juga kita ngeteh bertiga disini..ah senengnya

Berlanjut ke tanaman pot.. pertama beli bunga mawar dan Alhamdulillah tumbuh dengan baik, berbunga silih berganti 

Nah sekarang nyoba bercocok tanam dengan biji2an..percobaan pertama adalah biji ketumbar kirain ga bakalan numbuh lho..eee ternyata di hari ketujuh dia menampakkan daun pertamanya..yippiee


Pada dasarnya tanaman kalo dirawat dengan hati yang tulus mereka juga akan tumbuh jadi tanaman yang cantik ;) 


Senin, 19 November 2012

Nyamuk Kejedot Lampu

Lagi asyik ngeteh sambil  nonton TV tiba2 adam teriak..
"ya Allah papa.. kasian banget nyamuknya kayanya dia abis kejedot lampu trus jatuh kedalem tehnya.." 

*bunda sama papa ngakak ngebayangin muka nyamuk abis kejedot lampu..:P

Biasanya kalo ngeliat kucing Adam langsung nguber dan tanpa ampun dipukulin kucingnya, bunda selalu teriak2 kalo ngeliat kejadian kaya gitu bunda nasehatin kasian kucingnya jangan suka dipukulin sama binatang lainnya juga kita harus kasian, kucing kan ga salah lagian dia kan pengen berteduh di depan rumah karena kepanasan..

Lain waktu..pagi2 abis mandi Adam nemenin bunda yang lagi make jilbab.. bunda pesen sama adam jangan suka usil gangguin temennya soalnya di kelasnya ada 2 orang temennya yang pendiam banget adam biasanya suka usil niruin suara temennya yang pendiem itu atau kadang suka sengaja nyengol temennya.. 

"kakak .. kasian si ES ya jangan suka diusilin, kalo kakak yang diusilin emang kakak mau ? bunda kan liat sendiri kakak pura2 nyenggol ES kan ?  kasian tau kak itu kan temen kakak juga..." ealah jawabannya.. "kenapa aku harus kasian, emang ES kucing ? " 
*hiyaaaaah ..uwel2 adam


Jumat, 16 November 2012

Jalan Jalan ke TMII

Ini kedua kalinya saya ke Taman Mini Indonesia Indah, yang pertama waktu masih kecil belom juga sekolah sd hihihi jadi lupa wujudnya kaya apa. Bertepatan libur tahun baru islam kemaren anak2 kantor janjian jalan2 ke TMII.. segala perlengkapan perang dibawa. Namanya juga ibu2, cewek semua pula jadi deh sekalian piknik bawa asinan, bakso dan cemilan2 lainnya...





 kemanapun dimanapun tetep kereta yang paling dicari





Senin, 12 November 2012

Menggambar

Ini hasil karyanya Adam.. bundanya ngikik ngeliatnya :))

 mengurut angka dan huruf

"bundaaa..aku bikin orang yang ada giginya.." :D

tembokpun jadi prasasti

Ultah Adam

Ultah Adam ke 5 sebenernya jatuh pada tanggal 4 November kemaren tapi karena ga mau ngeduluin jadi selametan bareng sama temen2 sekelasnya seminggu kemudian. Maunya ga dirayain tapi Adam pengen dirayain di sekolah sama temen-temen sekelasnya.

Saya sudah menyiapkan semuanya jauh-jauh hari sebelumnya, nyicil beli bahan kue, kotak makan, tas dsb.. nah pas hari H tetep aja riweuh secara semua dikerjain sendiri kecuali Nasi kuning yang bikinin si mama dan si naskun telat pula datengnya jadi acara sampe molor 15 menit gara-gara nasi kuning belom mateng. 

Cupcake Tier

 Edible Cupcake

temen sekelasnya adam

 
 Insiden Relighting Candle..bunda pas beli ga nyadar langsung comot ga baca2 kemasan eh pas di nyalain abis ditiup dia nyala lagi, ditiup nyala lagi sampe anak2 pada ngakak ngeliatnya :))



Semuanya bener2 butuh perjuangan, tidur cuma 2 jam doang kelar acara baru kerasa capek, laper, ngantuk rumah berantakan banget, untung papa cuti jadi ada yang bantu2. Besok2 kalo ultah lagi kita nyewa EO aja yah nak..bunda capek hahahahaha..guayamu bu..#plaak

Rabu, 07 November 2012

SAHM dan juga WM

"Tidakkah kamu ingin FTM? (lebih tepatnya stay at home mom, kali ya) Kasihan anak2 ditinggalkan saat kamu bekerja... Lebih baik menjadi FTM dimana kamu bisa mendidik dengan tangan kamu sendiri anak2... kebahagian tidak bisa dibeli dengan materi...

Pasti orang itu tidak mengerti, betapa beratnya sy utk melangkah saat bekerja. Betapa was wasnya saya, saat anak2 hanya ditinggalkan hanya dengan pengasuhnya...

Siapa yg tidak ingin hanya tinggal di rumah... Menikmati waktu bercengkrama dengan anak2. Dari mulai membuka mata... Hingga esok kembali membuka mata. Tapi ada keadaan2 dimana kita tidak bisa melakukan pilihan itu.

Saya memang tidak bercerita pada semua orang. Tidak juga semua orang harus tahu, betapa saya sedang merancang ke arah itu. Tapi Allah belum memberi ijin sekarang. Saya dan suami masih punya cita2... Dan itu bekerja inipun saya lakukan utk kepentingan anak2, bukan utk memuaskan ego saya :'(

Siapa bilang sy tidak FTM... Saat sy dirumah, tiada detik berlalu tanpa saya disibukan dengan anak2. Bahkan waktu tidur saya pun kadang masih harus terjaga, utk memastikan anak2 tidak kurang satu apapun..

Jadi... Jangan lah memandang WM itu bukan ibu yg baik... Karena pilihan masih mengharuskan kami utk bekerja..."

Tulisan diatas adalah status saya kemaren yang saya copas dari status seorang teman juga. Saya setuju tulisan diatas karena mewakili hati saya sendiri. Saya juga ingin jadi stay at home mom dari buka mata sampai nutup mata lagi, saya juga ingin sepenuhnya merawat dan mendidik anak2 dirumah, jangan ditanya betapa menyesalnya saya melewatkan 1 moment penting ketika dia melampaui satu demi persatu tumbuh kembangnya, jangan tanya seperti apa sakitnya ketika pertama kali yang diucapkan adalah kata "mama" bukan "bunda".

Saya melewatkan beberapa tahap penting yang bisa anak saya lakukan untuk pertama kalinya dalam tahap perkembangannya, sakit ? sangat sakit !! tapi kita punya cita cita, saya juga punya tanggungan, yang saya lakukan bukan karena ego saya pribadi yang dulu sebelum menikah pernah berikrar ingin jadi wanita karir, tempat saya sesungguhnya bukan di tempat kerja tempat saya dirumah, hati dan pikiran saya bukan untuk pekerjaan tapi semua untuk keluarga dan anak2, keinginan terbesar saya ketika menikmati libur panjang bukan keinginan untuk kapan bisa masuk kerja lagi tapi kapan saya bisa melakukan hal ini sepanjang hari hanya mengurus anak dengan tangan saya sendiri. Kebahagiaan memang tidak bisa dibeli dengan materi tapi masa depan mereka adalah kebahagiaan saya juga dan saya mau mewujudkan masa depan mereka untuk kebahagiaan mereka juga.

Tapi meskipun saya bisa disebut WM, meskipun anak saya sudah ada yang bisa saya percaya untuk mengurusnya selama saya bekerja, begitu sampai di rumah saya tetaplah ibu, saya tetaplah istri, dan saya tetap dengan tugas ibu2 pada umumnya bersih2 rumah, menemani anak belajar yang kadang disambi dengan memasak untuk makan malam dan menyiapkan untuk bekal besok, begitu anak dan suami sudah terlelap kadang saya masih berurusan dengan cucian untuk dicuci dan disetrika, memastikan rumah sudah bersih, piring2 kotor sudah dicuci..baru saya bisa meluruskan punggung dan mengistirahatkan badan. Pagi hari aktivitas yang saya mulai bukan aktivitas siap2 jadi wanita kantoran tapi aktivitas ibu2 yang menyiapkan bekal untuk anak dan suami, menyiapkan sarapan mereka, beres2 rumah, memandikan anak dan memastikan selama saya pergi anak dan suami tidak kurang suatu apapun.

Saya iri dengan ibu2 yang sepenuhnya sepanjang hari berada disamping anak2 mereka, memenuhi segala kebutuhannya, melayani setiap rengekannya tapi yaah kita juga tak pernah tau kadang manusia memang tak pernah merasa puas, sudah diberikan rejeki yang melimpah kadang kita tak pernah tau kalau ada juga rasa iri dihati mereka melihat tetangganya tiap pagi berangkat bekerja dan setiap bulan menerima gaji mereka sendiri, dalam pikiran mereka ah betapa enaknya ibu itu dikantor bisa cekikikan tanpa ada back sound rengekan anak, bisa ngegosip sana sini tanpa ada teriakan si kecil..ah bu..andai ibu tau apa yang ada dipikran saya, bisakah kita bertukar tempat ? saya dirumah mengurus anak2, memenuhi semua kebutuhannya, selalu hadir dalam rengekannya dan rejeki suami tak berhenti mengalir..ah indahnyaa...

Dragon Fly Bento

Ngebento susah ? mahal ? ga jugaaa... ini contohnya..


Alat bento yang dipake cuma nori puncher bentuk bunga.. ga punya nori puncher ? manual aja pake gunting sama aja kok caranya kaya kita ngegunting kertas bentuk bunga ;) ngebentuk capungnya ? cukup pake pisau berujung lancip saja :D

Isiannya nasi putih dihias dengan wortel dan kacang panjang bentuk capung, sayurnya selada keriting, tumis kacang panjang campur toge dan jamur lauknya telur morat marit :P 

Selasa, 06 November 2012

Simple Bento

Alhamdulillah tiap hari masih bisa bikinin Adam bekel, hari ini yang simple aja bentuknya soalnya kalo bentuknya agak ribet yang ada Adam cuma makan sedikit.


Seperti yang diliat di foto ini saya cuma menambahkan potongan semur kentang untuk dijadikan telinga (binatang apa ya namanya ?) trus tempelin nori bentuk bulat, lonjong dan lengkungan kecil yang akan jadi mata, hidung dan mulutnya..biar keliatan ngegemesin pipinya saya tempelin wortel yang saya cetak bulat kecil menggunakan sedotan.. 

Gampang kan ? ngebento ga mesti punya alat2 bento yang mahal..berdayakan gunting, pisau, cetakan kue dan sedotan yang ada di rumah..kembangkan kreatifitas pasti jadi !! ;)

Sabtu, 03 November 2012

Calistung

Perkembangan Adam di sekolah udah hafal Huruf dan Angka, gurunyapun juga sedikit sedikit sudah mengenalkan Calistung. Sebenernya saya juga ga begitu sreg anak seusia adam sudah belajar calistung tapi selama ini saya liat perkembangannya, Adam fun ngejalaninnya dan setiap share sama gurunya tiap pagi gurunya juga ga menuntut tiap anak harus bisa, mau tulisannya kaya apa sama bu guru dibiarin aja.

pertama kalinya Adam bisa menuliskan namanya sendiri 

pertama kalinya belajar menghitung

mulai belajar menggabungkan huruf - proses belajar membaca

Kamis, 01 November 2012

Negatif

Sejak lepas IUD bulan maret kemaren berharap banget bisa langsung dikasih kepercayaan lagi sama yang diatas, tiap bulan ditunggu hasilnya, nihil. Bulan October kemaren sempet dibuat penasaran dan deg2an dengan telatnya si bulan datang.. yang biasanya maju seminggu sampe hari H pun si bulan tak kunjung datang. Karena penasaran seperti halnya kehamilan adam dulu yang minus 3 hari dari H sudah keliatan 2 garis maka kemaren langsung nyoba beli testpack dan hasilnya ternyata negatif. Tak patah semangat karena tanda2 mo menspun ga ada sama sekali keesokan harinya karena udah telat 1 hari ga dateng juga lagi2 saya beli 2 testpack sekaligus yang saya gunakan pada H+1 dan H+3 dan hasilnya NEGATIF semua hehehe..ternyata si bulan datang pas H+3 sore *yaaaah*

Sedih, kecewa campur aduk semua pengen nangis ga bisa tapi tetep mencoba menguatkan diri yang kemaren sudah terlalu banyak berharap untuk lebih tegar dan berusaha lagi. Papapun juga memberikan semangat biar ga sedih, padahal saya tahu papa juga berharap Adam segera dapet adek dan selama masa 'berharap" kemaren papa yang paling saya repotkan untuk urusan pengen ini dan pengen itu hahahaha padahal aslinya bukan ngidam tapi laper *melet* eh tapi beneran lho kemaren itu tumben2an pengen beef baked raviolinya PH sama bika ambon depan pusdikes kramat jati, malah sempet2nya mesen ke papa abis Ravioli ntar beliin Lasagna ya pa ? hahahaha...kata papa untung lasagnanya belom dibeliin eh bulannya dah nongol :P

Yaah semoga aja ntar Allah ngasih kepercayaan lagi, pokoknya jangan patah semangat dan berusaha lebih sering lagi wekekekk..:D

Senin, 22 Oktober 2012

Ke Kota Tua

Hari sabtu setelah pulang dari acara lomba TK se TamSel Adam ngajakin naik kereta (lagii ???) hihihi bulan ini tiap weekend kita selalu menghabiskan waktu naik Commuter Line meskipun tujuannya cuma Bekasi-Kota begitu nyampe langsung balik lagi Kota-Bekasi hihihihi.. kadang di stasiun Adam cuma numpang makan, begitu turun dari kereta kita duduk-duduk di ruang tunggu dan buka kotak bekel..begitu isian kotak bekel abis kita balik lagi ke Bekasi.

Kemaren karena bosen cuma bolak balik doang akhirnya ngajakin papa ke kota tua, lumayan kan deket tinggal jalan kaki doang dari stasiun Beos, meskipun kita sering jalan jalan ke seputaran kota malah kita belom pernah menginjakkan kaki ke kota tua. Nyampe sana ternyata asyik juga.. kita nyewa sepeda gowes dan keliling keliling seputaran kota tua. 













Info jalan-jalan murah :
Tiket Commuter Line Bekasi-Kota (sekali jalan per orang ) : Rp. 8,500 *cring cring
Masuk Kawasan kota tua : GRATISS !!
Sewa sepeda per 30 menit : Rp. 15,000

Mayan kan buat yang mo jalan jalan murah meriah..;)

Jumat, 19 Oktober 2012

Bento - Kelinci

Tiap hari bunda selalu nanya sama Adam besok bekelnya mau bawa apa ? nasinya apa ? ikannya apa ? sayurnya apa ? biasanya kalo ditanyain kaya gini bekelnya selalu habis tapi kalo bunda seenaknya masukin isian bekelnya paling adam cuma makan sedikit dan bekelnya masih nyisa. 

Hari ini dia minta nasi goreng sama cumi trus sayurnya bayem kriting alias selada keriting (dia nyebut sayuran hijau itu semuanya bayem :P) mentah gitu seladanya ? iyaaaa..dia doyan kok, aneh kan buah ga ada satupun yang suka tapi sayur mentah dilahap hehehehe... sekarang dia lagi belajar makan wortel mentah, bunda yang maksa ? ngga' sama sekali ngga.. waktu ngupas wortel buat persiapan bekelnya besok adam nanya "wortel enak ga sih bunda kalo dimakan mentah ? " bunda bilang aja "enak kok dan manis.." trus papa nyontohin ke adam makan wortel yg udah dipotong korek api yang selanjutnya di ikutin adam..dia cuma nyobain seujung dan bilang manis tapi geli hihihihi..

Nah nyiasatinnya bunda masukin wortel mentah ke roti bareng sama smoked beef dan selada.. seperti ini..adam suka ? habiss dooong :P


ehehehehe.. pembahasan malah ke wortel.. yak lanjut ke bekel kelinci jadi-jadian yang bunda bikin tadi pagi. ini bundanya dah sutris gimana bikin mulut kelinci yang sumringah dan ceria jadilah kaya gini senyuman kelincinya jadi kurang lebar hehehe


Isiannya nasi goreng kampung (bumbu : bawang merah, bawang putih, cabe merah besar dan garem), cumi asem manis, sosis (sebenernya sosis tu buat ngeramein aja ketimbang kosong) dan selada keriting.

Rabu, 17 Oktober 2012

Kisah Sebiji Permen

Matanya berbinar ketika bunda memberikan sebiji permen bulat putih berbungkus plastik bening dan biru dari kembalian belanja di sebuah toko.."bunda ngasih aku permen ? " sambil dilihatnya lagi seakan tak percaya apa yang ada dalam genggamannya, bunda mengangguk pelan.."iya ini buat Adam..." matanya berbinar lagi kemudian kakinya hendak naik ke pijakan motor dan secara tiba-tiba dia urungkan niatnya, wajahnya menatap bunda lagi dan berkata "terima kasih ya bunda.." kemudian dimasukkan permen itu ke saku celananya dan kaki kecilnya naik ke atas pijakan motor dengan senyum gembira seolah-olah baru mendapatkan hadiah.

ah nak melihat binar mata di wajahmu saat itu bikin bunda pengen nangis.. sebiji permen bisa membuatmu sebahagia itu.. terima kasih untuk kejujuranmu dan pengertianmu..bunda tak pernah melarangmu bunda hanya mengingatkan dan terima kasih kau selalu mengingatnya..

Selasa, 09 Oktober 2012

Tutorial Membuat Ayam Tulip alias Ayam Pentung

Yang lain bikin tutorial hijab disini bikin tutorial membuat ayam pentung hehehhe..

Sebenernya nama aslinya bukan ayam tulip, ada yang nyebut chicken drum stick tp kalo stick kan bayangannya kurus panjang gitu ya..jd kurang cucok hehehe, kalo adam bilangnya ini ayam pentung pentung.. hmmm emang bener sih ya mirip pentungan :D

Bahan dan alat yang diperlukan ;
- Sayap Ayam, cuci bersih (terserah banyaknya seberapa, satu sayap bisa jadi 2 ayam pentung :D)
- 1 butir telur
- Bread Crumbs (remahan roti kering, biasanya sudah dijual dalam bentuk kemasan di spm jadi ga usah susah-susah bikin dari roti tawar dikeringin trus diremes-remes *melet)
- Bumbu (bumbu disini saya cukup pake bawang merah, bawang putih halus dan sedikit merica.. kalo ada bumbu lain ya terserah monggo dipake, bumbunya juga ga banyak cuma sebagai penyedap aja)
- Pisau untuk memotong

Cara Membentuk Ayam Tulip/ Ayam Pentung :

Bentangkan sayap ayam.. disini ada 3 bagian kan.. A, B dan C


Potong jadi 3 bagian pada siku2nya seperti ini.. buang yang bagian C (sayap yang paling kecil)


Untuk membentuk bagian A sangat gampang..cukup iris daging yang menempel diujung tulang bagian atas.. selanjutnya daging yang menempel tinggal ditarik atau bisa juga di kerik dengan pisau hingga semua daging ada di ujung tulang bagian bawah.. sisihkan


Nah untuk yang bagian B memang agak sulit karena disana ada 2 tulang.. caranya, iris daging yang menempel di ujung tulang dan tarik kebawah..


Potong tulang yang menyatu bagian atasnya hingga seperti ini.. 


Tarik /kerik dengan pisau daging yang menempel di tulang hingga ke ujung tulang bawah (jangan sampai lepas) dan potong 1 tulang yang paling kecil..


nanti jadinya seperti ini.. kaya bunga tulip kebalik kan ?


Bagian yang B bentuknya memang lebih kecil..


Nah Cara Membuatnya :
1. Sayap Ayam yang sudah dibentuk dicampur dengan bumbu halus dan garam..campurkan telur kemudian aduk rata.. simpan di lemari es hingga bumbu meresap (kurang lebih 1-2 jam)
2. Keluarkan ayam yang sudah dicampur bumbu dan telur dari lemari es kemudian balur dengan bread crumbs sambil dikepal hingga bread crumbs menempel, lakukan hingga ayam habis.
3. Selanjutnya.. Ayam pentung yang sudah jadi bisa dimasukkan di wadah dan simpan dilemari es.. kalo perlu bisa digoreng dengan minyak banyak dan api kecil.. masak hingga ayam matang

Ini bekal Adam tadi pagi.. isiannya cuma nasi, ayam pentung dan tumis kacang panjang + tauge. Bagian tulang ayam pentung sengaja dilapis aluminium foil biar tangannya Adam ga berminyak.


Semoga bermanfaat :D

Jumat, 28 September 2012

Cita Cita Adam

Seminggu yang lalu di sekolahan Adam diadakan test IQ, ntah bentuknya seperti apa tp sepertinya lebih ke test psikologi untuk mengetahui minat belajar anak. Waktu nyampe rumah ditanya testnya kaya apa Adam jawab cuma disuruh bikin bulat, segitiga, kotak sama tanda panah trus bapaknya nanya-nanya, ditanya bapaknya emang nanya apa dia diem aja. Kata mama Adam dipanggil pertama kali di ruangan dan dia berani , bisa jawab semua pertanyaan.. kata mama yang berhasil ngintip dari jendela kepala yayasan.

Semalem menjelang tidur bunda tanya kegiatan di sekolah hari ini ngapain aja, mulai deh seru dia cerita di sekolah mewarnai orang-orangan kaosnya ijo celananya item trus dia cerita juga di sekolah ada ibu-ibu demo masak sama jualan panci *lol* terus merembet ke cerita dia bantuin mama masukin botol-botol air ke dalem kulkas,  bunda bilang waaah anak bunda hebat.. pinter.. Adam jawab lagi "iya dong aku kan anak Jempol.." hehehehe.. "iya pinter ih anak bunda, kalo bunda boleh tau emang kalo udah besar nanti Adam mau jadi apa.." Adam langsung lantang jawab "Aku mau jadi polisi..!! biar ga ada penjahat sama musuh.. waktu itu kan bapaknya nanyain bunda.. ntar mo jadi apa trus aku jawab aja mo jadi polisi trus bapaknya nanya lagi kenapa mo jadi polisi ? aku jawab biar ga ada penjahat sama musuh..trus bapak itu ngajakin aku toss.." aslih bunda kaget dengernya.. bunda ga pernah maksain ntar dia mo jadi apa.. ntah dari mana dia tahu profesi polisi buat ngelawan penjahat dan musuh. 

Rupaya udah ada peningkatan cita-cita yang semula jadi patung trus jadi polisi hihihi.. bunda bilang sama adam sambil elus-elus kepalanya "apapun cita-cita Adam bunda dukung asal itu baik buat Adam, buat semua orang dan Halal di mata Allah..makanya adam banyak latihan, rajin belajar biar pinter ya nak.." yang dielus kepalanya ga adam jawaban, pas nengok mukanya..Zzzz...zzz...Adam udah ngorok ^^

Selasa, 25 September 2012

Congratulation

Bukan dalam rangka perayaan apa-apa sih... 

Semalem acara ultah bos di salah satu restaurant Jepang dekat kawasan industri MM2100. Para cewek termasuk si bos duduk dalam satu meja.. kemudian beliau ngomong-ngomong lagi soal jilbab. Beliau bilang dulu ga ada yang pake jilbab tetapi sekarang almost all wearing hijab..dan sepertinya si bos penasaran banget kalo orang pake jilbab itu bisa dibuka ga sih ? kalo sama suaminya gimana ? kenapa ga boleh dibuka ? why ? *sama kaya pertanyaan si bos pas waktu itu* Akhirnya seorang temen ngejelasin kalo di dalam rumah ya buka jilbab, sama suami, anak, orang tua, saudara laki-laki dan teman perempuan ya ga papa, ..dan nampaknya si bos ngerti kata dia sih oo jadi cuma family aja ya ? kita he'eh in aja abisnya mo dijelasin soal muhrim kan susah juga ya.

Dan sepertinya si bos emang mulai nerima.. dia bilang nanti semua bisa2 pakai jilbab ya.. dan waktu makanan datang si bos nyumpitin onigiri sushi ke piring saya dan dia bilang congratulation for your new dressing, congratulation..!! woooow tumben2an beliau bilang gitu trus dia bilang juga orang kalo udah pake jilbab semua wajahnya totally different specially Nely (me) *cieeee... and I think paling cantiknya nomer satu disini ya Nely *uhuk.. keselek wasabi* hehehe tapi percayalah bos puluhan kali sampeyan ngalem tak sebanding dengan pujian suami saya yang sampe saat ini belom pernah satu kalipun muji istrinya hahaha *jitak papa* :P

Yah.. Alhamdulillah bos udah bisa nerima dengan lapang dada.. hati ini rasanya jauh lebih tenang, kemaren2 sih juga tenang tapi kan masih was-was ntar kalo kumat senewennya diungkit lagi

Rabu, 19 September 2012

Setelah Melalui Proses Panjang Akhirnyaa..

Pengalaman hidup orang beda-beda begitu juga dengan saya..

Sejak tanggal 16 Agustus 2012 saya memutuskan untuk berjilbab (lagi).. lho kok lagi ? iya.. Jadi gini, dulu waktu masih kuliah saya juga menggunakan jilbab tapi hanya untuk kuliah aja dan gaya berjilbabnyapun juga awur-awuran.. baju setengah lengan, jilbab cuma dililit kebelakang yang kadang-kadang bagian leher masih kelihatan, wis pokoknya menganut style sa' karepe. Makanya sampe sekarang saya ga mau nge judge orang-orang yang dulunya berjilbab kok sekarang malah buka-bukaan, ini seperti saya ngaca ke saya sendiri meskipun saya tak sebrutal orang lain buka jilbab lantas buka-bukaan semuanya, saya masih sadar dan masih memegang teguh sopan santun berpakaian. Jalan hidup orang kan beda-beda yah. Nah..begitu keluar dari bangku kuliah saya sudah tidak berjilbab lagi kemudian merantaulah saya ke Bekasi dan diterima di suatu perusahaan asing tempat saya bekerja sampai sekarang ini.

Dari pendahulunya di tempat ini belom ada yang menggunakan jilbab, begitu ada satu orang teman memutuskan untuk berjilbab reaksi bos memang tidak mengenakkan, ya yang disuruh bukalah.. yang dibilangin kalo tau kaya gini saya ga bakal nerima kamu lah.. yang yaaah pokoknya disindir-sindir terus dan didiskriminasi untungnya kualitas pekerjaan teman saya bagus jadi yah bisa dibilang "wis kadung". Dulu pernah,  waktu seleksi penerimaan staff baru ada yang kualitas dan pengalamnnya bagus tapi karena berjilbab si bos menolak.

Suatu ketika ada keinginan terbesar untuk menggunakan jilbab lagi tapi melihat kondisi perusahaan dan bos yang tidak memungkinkan serta perasaan takut dikeluarkan dari perusahaan sedangkan saya masih punya tanggungan mencukupi kebutuhan satu keluarga membuat saya maju mundur  hingga akhirnya staff lama yang dulu pernah berhenti masuk lagi dan sekarang dia juga berjilbab setelah melaksanakan ibadah haji, lagi-lagi si bos mulai sindir-sindiran meski tak separah teman yang pertama karena si bos beranggapan teman saya berjilbab karena sudah pernah naik haji dan sudah menikah.

Pada suatu kesempatan di sebuah restaurant mewah di jakarta ketika acara makan malam bersama staff dan para petinggi perusahaan (tsaaah...pemilik kali ya ?!) lagi-lagi si bos mempertanyakan soal jilbab, kebetulan saya duduk disampingnya dan saya katakan "seharusnya dalam ajaran agama kami seorang muslimah wajib mengenakan jilbab tidak harus ke tanah suci/Makkah dulu baru berjilbab dan tidak karena sudah menikah baru bisa berjilbab.." beliau manggut-manggut dan bilang "ooo berarti yang mengenakan jilbab dan tidak mengenakan jilbab itu tergantung personalnya ya ? ntah saya lupa jawaban saya waktu itu.

Pertengahan tahun ini (2012) ada salah satu staff baru lagi yang diterima bekerja disini dan dia juga berjilbab, reaksi bos ? biasa aja tak se diskriminatif yang dulu-dulu jadilah keinginan saya makin kuat untuk berjilbab. Saya minta terus bimbingan Allah untuk dikuatkan hati, dilancarkan dan dimudahkan semuanya sampai akhirnya setelah minta izin suami dan orang tua saya berjilbab apapun keputusan bos nantinya saya ikhlas meskipun itu keputusan terburukpun saya ikhlas dan mantap pada keputusan saya.

Hari pertama masuk kerja setelah libur panjang lebaran Alhamdulillah lancar.. bos cowok no comment. Tinggal nunggu reaksi bos cewek yang datang 2 minggu kemudian. Begitu beliau masuk melihat saya di depan komputer beliau hanya berkata "you too ?" saya balas dengan senyuman selanjutnya hari ini ketika ada kesempatan berdua di ruangannya beliau bertanya "what is the reason ?" saya jawab "tak ada alasan apa2 (padahal awalnya saya mau bilang bahwa saya habis umroh ketika libur lebaran kemaren hihihi...maksudnya biar dia ga banyak omong ) ini semua saya lakukan karena kewajiban pada agama saya" dia ngangguk dan masih nanya lagi, meskipun ga pergi haji emang bisa pake jilbab ? saya ngangguk aja, kalo udah berjilbab ga boleh lepas-lepas lagi ? saya bilang tidak boleh !! akhirnya beliau bilang " it doesn't matter.. eventhough I like your natural without using jiibab but yaaah it's oke for me.." Alhamdulillaaaaah... ini mimpi saya berjilbab tanpa ada diskriminasi dari siapapun tanpa sindiran dari siapapun.

Apa yang menguatkan saya ?

1. Mulai menyadari kewajiban seorang muslimah yaitu berjilbab 
2. Teringat pernyataan seorang teman yang intinya setelah saya menyatakan alasan menangguhkan keputusan berjilbab dia bilang "saya takut ajal keburu menjemput sebelum saya menggunakan jilbab" *kecup emaknya MJ* beneran isi sms itu selalu terbayang
3. Terngiang-ngiang suatu kalimat "pake jilbab kan panas.. tapi api neraka kan lebih panas.."
4. Mulai sadar ternyata saya adalah tanggung jawab suami, saudara laki-laki dan bapak saya kelak di akhirat.. "merekalah yang kelak dimintai pertanggung jawaban jika saya belum berjilbab" 
5. Mulai mendalami kewajiban istri untuk memelihara dan menjaga "perhiasan" suaminya 
6. Semakin saya melihat orang berpakaian memamerkan setiap  lekuk tubuhnya semakin kuat keinginan saya untuk menutup diri (berjilbab)
7. Saya menyadari bahwa dulu saya salah beranggapan biarlah hati dulu yang ditutupi baru berjilbab.. ternyata saya salah besar.. pakai jilbab dulu baru hati mengikuti.

Reaksi orang orang sekitar ketika mengetahui saya sudah berjilbab.. ada yang senang ada juga yaaaang.. ntah apa namanya kadang saya dibilang "bu haji datang nih..*saya aminkan*" ada juga yang kaget " perasaan waktu itu ga berjilbab kan ? kesambet apaan kok sekarang malah berjilbab ?" ada juga yang bilang "hadeeeh ngambil cucian depan rumah aja kok make jilbab.." heheeee..

Keputusan saya sudah kuat.. saya bersyukur diberikan jalan hidup seperti ini setidaknya pengalaman masa lalu adalah pelajaran yang terbaik yang Insyaalah menguatkan dan menjadikan saya manusia yang baik. Saya tidak menyesal karena baru memantapkan hati berjilbab kalo selama perjalanan ini dianggap hidayah..Alhamdulillah.

Saya memutuskan berjilbab bukan hanya untuk ke kondangan, ke kantor atau arisan, bukan juga karena fashion ikut-ikutan jadi tren mode belakangan ini tapi ini benar-benar dari hati. Meskipun papa kadang masih belom terbiasa masih suka teledor buka pintu rumah selebar-lebarnya sedangkan saya belom menggunakan penutup kepala hehehe..

Semoga kedepannya saya bisa menjalankan kewajiban ini dengan sebaik-baiknya, sekarang masih berusaha untuk menjadi yang sebaik-baiknya. Semoga hati dan perilaku bisa mengikuti apa yang sudah saya kenakan. Meskipun saat ini belum kaffah saya berjanji untuk tetap istiqomah... amin :)

Maaf share disini bukan bermaksud apa, cuma ingin meluapkan kebahagiaan saya aja :D

Selasa, 18 September 2012

Adam Anak TK

Lupa ga dimasukin kesini.. Adam sekarang udah jadi anak TK A, bunda daftarin di TK Tambun Indah yang lokasinya depan komplek perumahan biar mama tetep bisa ngawasin. Selama ini sih semuanya berjalan lancar, bangun ga susah, mandi juga lumayan lah ga susah-susah banget.

Awal-awal sekolah mungkin karena masih "kaget" jadi Adam keliatan banyak melongonya, gurunya nerangin dia malah mandangin temen-temennya satu persatu hehehe.. Selanjutnya ealaaah malah dapet report dari bu guru kalo Adam di kelas ngobrol mulu jadi dia serba ketinggalan ngerjain pelajaran mewarnainya, nulis angka dll, karena sibuk ngobrol ma temen sebangkunya. PR buat saya sebagai orang tuanya yang bertanggung jawab atas pengasuhan anak di rumah.. jadi saya kasih tau baik- baik Alhamdulillah dia ngerti, di sekolah sama bu guru Adam di pindah tempat duduknya soalnya kata bu guru Adam suka ngobrol karena ketularan temennya dan Alhamdulillah lagi udah ga suka ngobrol lagi.

Kegiatan bunda di rumah juga nambah sejak Adam sekolah, kalo dulu ga begitu rajin bikin sarapan dan bekel sekarang jadwalnya padet. Pulang kerja bersih2 rumah, masak, nyuci seragamnya adam karena ada 2 seragam yang dipake 2 kali dalam seminggu, nyiapin bahan dan bumbu-bumbu buat bekel esok harinya baru deh bisa tidur. Paginya setelah sholat shubuh langsung masak nyaipin bekel buat Adam dan papa. Begituuu terus tiap hari.

Ini dia anak TK bunda..

 Adam dan seragam olahraga untuk hari rabu dan sabtu

hiyaaaaah ngupiill !!
 Popeye ga matching.. Seragam angkatan laut untuk hari senin dan jumat, sepatu merah pilihan sendiri, tas ungunya tas dari sekolahan