About

Senin, 22 Oktober 2012

Ke Kota Tua

Hari sabtu setelah pulang dari acara lomba TK se TamSel Adam ngajakin naik kereta (lagii ???) hihihi bulan ini tiap weekend kita selalu menghabiskan waktu naik Commuter Line meskipun tujuannya cuma Bekasi-Kota begitu nyampe langsung balik lagi Kota-Bekasi hihihihi.. kadang di stasiun Adam cuma numpang makan, begitu turun dari kereta kita duduk-duduk di ruang tunggu dan buka kotak bekel..begitu isian kotak bekel abis kita balik lagi ke Bekasi.

Kemaren karena bosen cuma bolak balik doang akhirnya ngajakin papa ke kota tua, lumayan kan deket tinggal jalan kaki doang dari stasiun Beos, meskipun kita sering jalan jalan ke seputaran kota malah kita belom pernah menginjakkan kaki ke kota tua. Nyampe sana ternyata asyik juga.. kita nyewa sepeda gowes dan keliling keliling seputaran kota tua. 













Info jalan-jalan murah :
Tiket Commuter Line Bekasi-Kota (sekali jalan per orang ) : Rp. 8,500 *cring cring
Masuk Kawasan kota tua : GRATISS !!
Sewa sepeda per 30 menit : Rp. 15,000

Mayan kan buat yang mo jalan jalan murah meriah..;)

Jumat, 19 Oktober 2012

Bento - Kelinci

Tiap hari bunda selalu nanya sama Adam besok bekelnya mau bawa apa ? nasinya apa ? ikannya apa ? sayurnya apa ? biasanya kalo ditanyain kaya gini bekelnya selalu habis tapi kalo bunda seenaknya masukin isian bekelnya paling adam cuma makan sedikit dan bekelnya masih nyisa. 

Hari ini dia minta nasi goreng sama cumi trus sayurnya bayem kriting alias selada keriting (dia nyebut sayuran hijau itu semuanya bayem :P) mentah gitu seladanya ? iyaaaa..dia doyan kok, aneh kan buah ga ada satupun yang suka tapi sayur mentah dilahap hehehehe... sekarang dia lagi belajar makan wortel mentah, bunda yang maksa ? ngga' sama sekali ngga.. waktu ngupas wortel buat persiapan bekelnya besok adam nanya "wortel enak ga sih bunda kalo dimakan mentah ? " bunda bilang aja "enak kok dan manis.." trus papa nyontohin ke adam makan wortel yg udah dipotong korek api yang selanjutnya di ikutin adam..dia cuma nyobain seujung dan bilang manis tapi geli hihihihi..

Nah nyiasatinnya bunda masukin wortel mentah ke roti bareng sama smoked beef dan selada.. seperti ini..adam suka ? habiss dooong :P


ehehehehe.. pembahasan malah ke wortel.. yak lanjut ke bekel kelinci jadi-jadian yang bunda bikin tadi pagi. ini bundanya dah sutris gimana bikin mulut kelinci yang sumringah dan ceria jadilah kaya gini senyuman kelincinya jadi kurang lebar hehehe


Isiannya nasi goreng kampung (bumbu : bawang merah, bawang putih, cabe merah besar dan garem), cumi asem manis, sosis (sebenernya sosis tu buat ngeramein aja ketimbang kosong) dan selada keriting.

Rabu, 17 Oktober 2012

Kisah Sebiji Permen

Matanya berbinar ketika bunda memberikan sebiji permen bulat putih berbungkus plastik bening dan biru dari kembalian belanja di sebuah toko.."bunda ngasih aku permen ? " sambil dilihatnya lagi seakan tak percaya apa yang ada dalam genggamannya, bunda mengangguk pelan.."iya ini buat Adam..." matanya berbinar lagi kemudian kakinya hendak naik ke pijakan motor dan secara tiba-tiba dia urungkan niatnya, wajahnya menatap bunda lagi dan berkata "terima kasih ya bunda.." kemudian dimasukkan permen itu ke saku celananya dan kaki kecilnya naik ke atas pijakan motor dengan senyum gembira seolah-olah baru mendapatkan hadiah.

ah nak melihat binar mata di wajahmu saat itu bikin bunda pengen nangis.. sebiji permen bisa membuatmu sebahagia itu.. terima kasih untuk kejujuranmu dan pengertianmu..bunda tak pernah melarangmu bunda hanya mengingatkan dan terima kasih kau selalu mengingatnya..

Selasa, 09 Oktober 2012

Tutorial Membuat Ayam Tulip alias Ayam Pentung

Yang lain bikin tutorial hijab disini bikin tutorial membuat ayam pentung hehehhe..

Sebenernya nama aslinya bukan ayam tulip, ada yang nyebut chicken drum stick tp kalo stick kan bayangannya kurus panjang gitu ya..jd kurang cucok hehehe, kalo adam bilangnya ini ayam pentung pentung.. hmmm emang bener sih ya mirip pentungan :D

Bahan dan alat yang diperlukan ;
- Sayap Ayam, cuci bersih (terserah banyaknya seberapa, satu sayap bisa jadi 2 ayam pentung :D)
- 1 butir telur
- Bread Crumbs (remahan roti kering, biasanya sudah dijual dalam bentuk kemasan di spm jadi ga usah susah-susah bikin dari roti tawar dikeringin trus diremes-remes *melet)
- Bumbu (bumbu disini saya cukup pake bawang merah, bawang putih halus dan sedikit merica.. kalo ada bumbu lain ya terserah monggo dipake, bumbunya juga ga banyak cuma sebagai penyedap aja)
- Pisau untuk memotong

Cara Membentuk Ayam Tulip/ Ayam Pentung :

Bentangkan sayap ayam.. disini ada 3 bagian kan.. A, B dan C


Potong jadi 3 bagian pada siku2nya seperti ini.. buang yang bagian C (sayap yang paling kecil)


Untuk membentuk bagian A sangat gampang..cukup iris daging yang menempel diujung tulang bagian atas.. selanjutnya daging yang menempel tinggal ditarik atau bisa juga di kerik dengan pisau hingga semua daging ada di ujung tulang bagian bawah.. sisihkan


Nah untuk yang bagian B memang agak sulit karena disana ada 2 tulang.. caranya, iris daging yang menempel di ujung tulang dan tarik kebawah..


Potong tulang yang menyatu bagian atasnya hingga seperti ini.. 


Tarik /kerik dengan pisau daging yang menempel di tulang hingga ke ujung tulang bawah (jangan sampai lepas) dan potong 1 tulang yang paling kecil..


nanti jadinya seperti ini.. kaya bunga tulip kebalik kan ?


Bagian yang B bentuknya memang lebih kecil..


Nah Cara Membuatnya :
1. Sayap Ayam yang sudah dibentuk dicampur dengan bumbu halus dan garam..campurkan telur kemudian aduk rata.. simpan di lemari es hingga bumbu meresap (kurang lebih 1-2 jam)
2. Keluarkan ayam yang sudah dicampur bumbu dan telur dari lemari es kemudian balur dengan bread crumbs sambil dikepal hingga bread crumbs menempel, lakukan hingga ayam habis.
3. Selanjutnya.. Ayam pentung yang sudah jadi bisa dimasukkan di wadah dan simpan dilemari es.. kalo perlu bisa digoreng dengan minyak banyak dan api kecil.. masak hingga ayam matang

Ini bekal Adam tadi pagi.. isiannya cuma nasi, ayam pentung dan tumis kacang panjang + tauge. Bagian tulang ayam pentung sengaja dilapis aluminium foil biar tangannya Adam ga berminyak.


Semoga bermanfaat :D