About

Selasa, 22 Januari 2013

Dongeng Sebelum Tidur

Kemaren malem minta diceritain kisah bawang merah dan bawang putih.. semalem minta diceritain bawang putih dan cabe merah..

Bunda : emang ada gitu cerita bawang putih dan cabe merah ? bawang merah kali kak..
Adam : beneran bunda ada kok..
Bunda : yang gimana coba ceritanya ?
Adam : itu lhoo yang ada ikannya bisa ngomong..
Bunda : Oooo..#mikir
Adam : tau kan ? ya udah cerita..
Bunda : jadi kan ikan yang bisa ngomong itu ditangkep..trus digoreng abis itu bawang putih sama cabe merahnya diulek jadi deh sambel dimakan sama ikan goreng...
Adam : haaah ?

*ngakak berdua


Lain lagi..biasanya kalo adam lagi ngambek atau bunda kehabisan ide buat cerita jadi bunda cerita soal masa kecil bunda dulu atau cerita proses menjelang lahirannya Adam dan dia seneeeng banget. Karena udah bosen cerita soal bunda waktu masih kecil dulu adam minta diceritain masa kecilnya papa..nah lho ?!

Adam : trus bunda kalo papa waktu masih kecil gimana ?
Bunda : ya bunda ga tau waktu papa masih kecil..tanyanya sama mbah aja nanti kalo kita pulang kampung
Adam : yah bunda kok gitu sih.. ayo dong ceritain papa waktu kecil gimana
Bunda : tapi janji ya abis bunda cerita kakak harus bobo..
Adam : oke boooss..
Bunda : jadi waktu papa masih kecil badannya kecil, bajunya kecil, celananya kecil, sepatunya juga kecil..
Adam : trus..udahan gitu aja ?
Bunda : iya.. janji kan mau langsung bobo..*senyum kemenangan
Adam : yah itu mah curang..#balik badan meluk guling
*wkwkwkwk...


Manfaat-manfaat mendongeng adalah:
1. Mengembangkan imajinasi anak
Ketika anak berumur 3-7 tahun, mereka cenderung mempunyai imajinasi/dunianya sendiri. Ini merupakan hal yang wajar, karena mereka berada dalam proses perkembangan. Namun, sebagai orang tua sebaiknya bisa mengontrol imajinasi mereka agar menjadi positif, salah satu caranya dengan dongeng.
2. Meningkatkan keterampilan berbahasa
Kemampuan awal yang dimiliki anak adalah kemampuan verbal, sehingga menyebabkan otak kanan mereja lebih berkembang dan kemampuan berbahasanya lebih terampil. Dan dengan kisah dongeng yang positif, bisa membantu anak untuk bertutur kata dalam bahasa yang sopan.
3. Membangun kecerdasan emosional
Pada dasarnya anak kecil sulit untuk belajar tentang berbagai hal yang abstrak, seperti kebaikan kepada sesama. Tetapi dengan dongeng, dapat membantu anak dalam memahami nilai-nilai emosional kepada sesama. Kecerdasan emosional sangat dibutuhkan untuk bersosialisasi dan berbuat baik kepada sesama.

4 komentar:

  1. harus pinter ngeles juga nih bundanya :) Nel barangnay udah diorder tapi belum datang minggu lalu pusatnya tutup krn banjir :) aku beluim bisa wasapan blom beli pulsa :-D

    BalasHapus
  2. wah bundanya rajin neeh mendongeng....kalo aku abis nemenin baca doa, ikut kreyep - kreyip mata hiihihi

    BalasHapus
  3. Hmmmm ide utk cerita dongengnya keren juga Bu... [salam kenal]

    BalasHapus
  4. Hihihi.... bener kata Adam, itu sih curang... :)
    Tapi anak saya juga pernah tanya kalo ayah waktu kecil gimana bu? (waktu itu saya cerita ttg masa kecil saya). Hadeuh... ibu ga tau kak.... heuheueheu...

    BalasHapus